PROGRESS III : PENCARIAN KONSEP SESUAI PILIHAN

ZEN

zen-interior-design-kitchen-3

Desain interior bertajuk “Zen Interior Design” merupakan konsep interior hunian yang terkenal di Jepang. Desain interior zen sendiri memiliki maksud menciptakan hunian yang sederhana, bernuansa dekat dengan alam, dan mengedepankan kenyaman untuk tinggal.

Jika dikaitkan dengan sebuah desain interior.

Konsep zen ini memiliki 7 prinsip antara lain ;

  • Kecermatan
  • Kesederhanaan
  • Kealamian
  • Kehalusan
  • Asimetri
  • Unik atau tidak biasa

Karakteristik

Ciri-ciri yang mendasar pada gaya Zen terlihat pada konsep ruang natural dihadirkan lewat pemilihan warna-warna alam seperti coklat muda hingga coklat gelap, serta warna hijau. Selain itu Interior zen sangat terkenal dengan nilai asimetris yang kental. Asimetris dalam desain interior dimaksudkan merupakan tatanan komposisi untuk memberikan kesan yang lebih dinamis dan bebas. Ide-ide desain zen yang terinspirasi dari interior Jepang. Dengan konsep zen dapat menyatukan alam dengan nuansa di dalam rumah.
Konsep interior Zen merupakan jenis konsep berpusat dengan warna yang santai, harmonis, penataan furnitur dan suara tenang yang membuat konsep interior zen merupakan pilihan desain yang sehat untuk diterapkan di rumah.
Dekorasi interior zen terinspirasi dari persatuan antara luar dan dalam ruangan. Furniture dan barang-barang yang digunakan terbuat dari bahan-bahan alami, kayu, bambu, dan rumput laut. Dengan menerapkan furniture yang terbuat dari bahan alami, akan membantu menciptakan suasana ruang dalam yang damai dan cocok untuk bersantai.

Acuan Desain

Desain interior bergaya ZEN sudah menjadi gaya favorit banyak orang untuk huniannya. Desainnya yang unik, sederhana, dan tampilannya yang memberi suasana damai berhasil memikat banyak orang untuk diaplikasikan pada hunian mereka. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat dijadikan acuan untuk mendapatkan desain interior bergaya ZEN ;

  • Pencahyaan Alami dan Ruangan Terbuka

desain-rumah-gaya-zen-pada-ruang-tamu-dengan-taman

Desain minimalis dan ruangan terbuka adalah prinsip prinsip dasar desain interior zen. Salahs atunya pencahayaan alami, ini tidak hanya mengisi rumah dengan cahaya berlimpah tetapi juga menawarkan pemandangan warna alam dan rasa ketenangan. bukan karena langit-langit dan jendela besar yang luas dapat menambahkan kecerahan untuk rumah Anda dengan cara yang alami.

  • Penggunaan Material Alami pada Interiorzen-interiors-1024x756

Konsep interior zen menunjukan kecintaan yang besar terhadap alam. Membawa unsur alami ke dalam ruangan adalah memberikan inspirasi untuk menggabungkan ide-ide desain interior ala Jepang didalam ruangan.Material alami membawa rasa baru yang menyegarkan pada interior bergaya zen. Bahan alami seperti kayu, batu alam, slate, jati,  dan lainnya bisa tampil mengesankan.

  • Warna Alami

forest_house_design_with_painting_on_wall_living_r_by_himitsutsubasa-d7vcosn

Kesederhanaan  adalah kunci dalam membuat sebuah rumah Zen, tidak memerlukan tampilan terang yang mencolok di setiap ruangan. Seperti halnya pada penggunaan warna pastel, hitam, dan putih, coklat kayu, grey adalah jenis warna yang dianjurkan. Hal ini tidak terlepas dari konsep alami yang akan dibuat. Penggunaan warna alami harus nampak pada interior berkonsep zen.  Beberapa warna alami ddapat diterapakan pada warna dinding, lantai, dan atap rumah. Jika berhubungan dengan perabotan, sebisa mungkin gunakan perabotan dari kayu yang dibuat dengan membiarkan warna alami bahan kayunya terlihat alami apa adanya. Kesan ini akan semakin membuat dekorasi interior memiliki nuansa yang kuat dengan konsep zen.

  • Furniture

zen-7

Perabotan yang didesain untuk gaya desain zen memiliki ciri khas yang menarik. Gaya desain perabotannya memberikan kesan yang ringan dan sederhana pada tampilan akhir ruangan yang memberikan sudut – sudut asimetri. Hal ini bisa didapatkan dengan penggunaan garis halus yang lurus sampai penggunaan warna alami seperti kayu supaya peraboatan terkesan alami dan natural.

  • Menambahkan Elemen Kayu dan Bambu

0877e008fb36e975736ee0e3f34b8066

Menambahkan elemen alami kayu adalah cara terbaik yang bisa selaras dengan alam. desain interior zen memiliki pendirian yang kaya terhadap elemen kayu. Pintu, kusen, dinding dan garis layar terbuat dari kayu alami. Cemara, Maple, Red Pine dan Hemlock adalah kayu hutan yang paling umum digunakan untuk tujuan tersebut, sementara untuk tujuan dekoratif, bambu lebih sering digunakan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s