PROGRESS II : TEORI UMUM INTERIOR DAN KONSEP

TEORI UMUM INTERIOR DAN KONSEP

Salah satu fungsi rumah adalah memberikan keteduhan, kenyamanan dan kebahagiaan pada penghuni rumah. Kenyamanan tersebut tentu berkaitan erat dengan desain interior rumah yang diaplikasikan dalam rumah tersebut. Jika rumah tertata dengan rapi dan mampu memberi kenyamanan serta keteduhan pada siapapun yang berada di rumah tersebut pasti menjadikan orang betah berada di rumah itu. Dan inilah yang menjadi prinsip dasar interior. Sebaliknya jika desain interior rumah tidak tertata dengan baik, dan suasana nyaman tidak didapatkan pada orang yang berada di dalam rumah tersebut, pasti orang tidak betah berada di dalam rumah itu. Karenanya mendesain interior rumah dengan sebaik-baiknya mutlak dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan tinggal di dalam rumah.

Ada beberapa tema yang dapat diaplikasikan dalam sebuah desain interior, diantaranya :

  • Bohemian (Boho Chic) Style

hbz-pinterest-boho-interiors-14

Gaya Bohemian atau boho-chic adalah segala sesuatu yang mencerminkan individualitas. Gaya ini merupakan wujud dari kebebasan, tampilan modern dan koleksi yang warna-warni. Sebuah ruang dengan gaya boho-chic sangat pas untuk mendefinisikan gaya personal dan estetika Anda.

  • Coastal Style

fotoflexer_photo8

Gaya Coastal atau nautical identik dengan nuansa berlibur di pantai yang menenangkan. Cahaya matahari, ombak dan pasir menjadi inspirasi dekorasi yang satu ini. Ruangan yang mengadopsi gaya nautical akan membuat Anda betah berlama-lama karena sentuhan warna biru dan furnitur yang nyaman.

  •  Kontemporer

51

Gaya kontemporer pada dasarnya merupakan paduan konsep masa kini dan masa depan. Model ini memberikan nuansa hangat dan dingin dalam waktu yang bersamaan. Dengan tampilan yang bersih, hampir jarang menemukan pernak pernik di ruangan kontemporer. Elemen dasar seperti warna netral, bersih dan halus menjadi ciri utamanya.

  •  Eklektik

eklektik.jpeg

Konsep ini mewakili kebebasan berekspresi, tanpa aturan dan banyak permainan mix and match. Gaya eklektik juga berbeda dengan tipe dekorasi rumah lainnya, karena mengombinasikan beberapa jenis gaya menjadi satu.

  • Industrial

industrial-new-york-living-room-with-exposed-pipes

Gaya industrial merupakan campuran material yang masih mentah. Sedikit sentuhan nyentrik yang bergabung dengan nuansa primitif. Industrial begitu lekat dengan furniture tekstur, sesuatu yang berwarna abu-abu dan terlihat asli. Dengan ciri khas dinding unfinished dan langit-langit tinggi, ruang industrial terasa sejuk tanpa mengandalkan penyejuk udara.

  • Minimalis

gambar-ide-interior-rumah-minimalis-type-45

Model yang satu ini sering dikaitkan dengan konsep modern. Minimalis adalah gaya yang menggabungkan estetika dan keserhanaan. Sebuah ruangan yang mengadopsi gaya minimalis berisi beberapa perabot simpel yang dapat menampilkan efek dekorasi yang maksimal.

  • Maroko

if_995999609961

Mengadopsi dari negeri Maroko, Morrocan Style sangat kaya dengan sejarah, warna dan tekstur. Pola yang ramai dengan warna warni cerah menjadi komponen arsitektur yang ditampilkan di ruangan.

  • Rustic

14-029-01-living-room

Gaya rustic begitu lekat dengan segala sesuatu yang alami, dan gaya hidup yang “membumi.” Tidak heran, jika isi perabotnya banyak terbuat dari bahan-bahan buatan tangan, daur ulang dan repurposed.

  • Skandinavia

grey-and-neutral-scandinavian-interior

Sering disebut juga sebagai gaya Swedish, Skandinavia adalah konsep yang mewakili kehangatan dan keceriaan. Umumnya gaya ini memberi kesan kasual yang terlihat dari campuran perabot yang terlihat simpel namun menawan.

  • Vintage

c45070a68b47117ef5dcb24acf1e9b52.jpeg

Model yang memiliki ciri motif bunga-bunga ini mewakili model kuno yang tak lekang oleh zaman. Perabot vintage umumnya sudah berusia puluhan tahun namun tetap terlihat kokoh dan menawan. Sebuah ruangan yang dihiasi oleh model vintage biasa diisi oleh koleksi antik seperti cangkir dan guci yang terlihat klasik.

  • ZEN

zen-interiors-1024x756

Desain interior bertajuk “Zen Interior Design” merupakan konsep interior hunian yang terkenal di Jepang. Desain interior zen sendiri memiliki maksud menciptakan hunian yang sederhana, bernuansa dekat dengan alam, dan mengedepankan kenyaman untuk tinggal. Konsep zen ini memiliki 7 prinsip antara lain ;

  • Kecermatan
  • Kesederhanaan
  • Kealamian
  • Kehalusan
  • Asimetri
  • Unik atau tidak biasa

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s